About

Pancawara.com

28 Desember 2018

Memperkaya Khazanah dan Memperluas Perspektif

Pancawara.com hadir dengan informasi-informasi yang menarik, berkonteks, mencerahkan dan berwawasan. Sesuai dengan visinya, Memperkaya Khazanah—perbendaharaan, dan Memperluas Perspektif—sudut pandang.

Oleh karena itu, Pancawara.com selalu menyajikan informasi berdasarkan data dan fakta, baik data  yang berbentuk foto, kutipan, rekaman peristiwa, data statistik maupun hasil analisis dari media-media massa yang ada di seluruh Indonesia.

Adapun nama Pancawara kami ambil dari Kamus Sanskerta yang berarti, lima arah mata angin. Meski istilah Pancawara lebih dikenal oleh masyarakat sebagai sistem penanggalan atau kalender Jawa Kuno, atau biasa juga disebut hari pasaran yang dimana di dalam satu minggu (siklus mingguan) dibagi menjadi 5 hari. Yaitu terdiri dari Legi, Pahing, Pon, Wage dan Kliwon.

Siklus pasaran ini digunakan oleh pemerintahan Jawa masa lalu dalam menata perekonomian, dimana basis kegiatan ekonomi utama adalah pasar. Pasar diciptakan sesuai dengan siklus tersebut, dimana pasar Legi berarti dikembangkan di titik sebelah timur (pusat pemerintahan), Pahing sebelah selatan, Pon sebelah barat, Wage sebelah utara, dan Kliwon di pusat pemerintahan. Dengan pembagian semacam ini diharapkan diseluruh pelosok pemerintahan muncul pusat-pusat perekonomian masyarakat dan bisa menjadi pasar besar. Keberadaan pasar-pasar lain tetap ada, namun pada hari-hari tertentu sesuai pasaran, maka para pedagang dan pembeli akan menunju dan berkonsentrasi pada satu titik.

Pancawara.com berdiri di atas semua golongan. Pancawara.com tidak bekerja untuk kelompok atau kepentingan politik manapun, dan bukan media partisan.

Kami yakin bahwa berita-berita, laporan-laporan atau informasi-informasi yang terbaik bukan hanya yang up to date tetapi yang terkonstruksi dari data-data yang dapat dipertanggungjawabkan dan berdasarkan sumber-sumber yang jelas serta disajikan dengan redaksional yang semakin Memperkaya Khazanah dan Memperluas Perspektif para pembacanya.

Salam,

Pancawara.com