Sedekah Sunnah


pancawara.com – Sedekah sunnah untuk kebaikan semata-mata mengharap ridha Allah SWT dan pahalanya sangatlah besar keutamaannya sebagaimana yang banyak diterangkan di dalam firman Allah dan hadist Rasulullah SAW
Diantaranya allah berfirman :

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ ﴿البقرة:٢٧٤﴾

Artinya : “Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

Dalam ayat lainnya Allah SWT berfirman :

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ وَلَهُ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak.

Allah menyebutkan dengan kalimat banyak tanpa menentukan batasnya, kiranya anjuran mana yang melebihi dari anjuran Allah SWT yang maha pemurah ini?

Dalam hadistnya Rasulullah SAW bersabda :
Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW pernah bersabda:

Barangsiapa memberi makan kepada saudaranya yang muslim dengan makanan yang disenanginya maka Allah mengharamkan dirinya disiksa dengan api neraka.” (HR. Al-Baihaqi).

Bersedekahlah tulus semata-mata karena Allah karena keikhlasan lah yang merupakan ruh setiap amal perbuatan, dan lebih jauh dari Riya’ yang dapat merusak amalanmu itu.

Janganlah engkau meminta balasan dari orang yang kamu beri sedekah atas sedekahmu itu dengan jasanya, layanannya maupun penghormatannya.

Janganlah engkau meminta ucapan terimakasih ataupun pujian dari seorang fakir apalagi memintanya menceritakan pemberianmu terhadap orang lain karena akan mengurangi pahalamu bahkan menghapusnya sekaligus.

Janganlah engkau meninggalkan sedekah karena takut miskin atau berkurang harta karena Allah akan mengganti nya sebagaimana dalam firman nya pada AlQuran surat as-Saba’ ayat 59.

Dari Kitab an-Nashoih ad-Diniyyah Karya Habib Abdullah bin Alawi Alhaddad.