Penyakit Keraguan atau Was-Was


pancawara.com – Penyakit yang harus dibersihkan oleh seseorang dari hatinya adalah penyakit keraguan atau was-was tentang Allah SWT dan Rasul-Nya serta adanya akhirat.

Karena hal ini termasuk penyakit hati terbesar yang membawa kebinasaan di akhirat dan membawa dampak yang sangat buruk, terutama saat kematian terkadang naudzu billah membawa seseorang pada akhir kematian yang buruk.

Keraguan ini sering menimpa sebagian orang. Jadi siapapun yang memiliki keraguan ini, maka tidak boleh memendamnya dalam hati sehingga ia menghadap Allah SWT dalam keadaan ragu.

Justru ia harus berusaha untuk menghilangkannya dan berupaya menghapuskannya dengan segala cara yang ia bisa.

Cara yang paling bermanfaat dalam menghilangkannya adalah bertanya kepada para ulama yang mengenal Allah SWT dan agama-Nya dari kalangan ahli yaqin dan yang takut kepada-Nya juga hidup zuhud di dunia.

Apabila ia tidak menemukan salah seorang dari mereka, maka hendaknya ia membaca buku-buku yang mereka tulis mengenai ilmu tauhid dan keyakinan.

Bukanlah keraguan yang aku maksud di sini perasaan was-was yang dialami seseorang mengenai keimanan yang ia ketahui akan kebatilannya, dan ia mendapati hatinya tetap bersikeras menantangnya sedangkan dirinya pun juga membenci hal ini.

Tentu saja hal ini adalah was-was dan cukup bagi seseorang untuk mengatasinya dengan membenci dan berlindung kepada Allah SWT darinya.

Sumber Kitab : an-Nashaih ad-Dinniyyah wal Washaya al-Imaniyyah.

Karangan : Al-Imam Al-Qutb Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad