Reaksi Jusuf Kalla Tentang Selain NU Salah Semua


pancawara.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj harus klarifikasi terkait pernyataan yang menyatakan imam masjid harus dari NU. Dia menjelaskan hukum agama tidak hanya dari NU saja.

Ya tentu harus diklarifikasi. Saya yakin beliau arif untuk mengklarifikasi bahwa dalam hukum agama tidak terbatas hanya dari NU contohnya, tapi yang lain juga,” katanya di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (29/1).

Jadi kalau disebut bahwa imam yang punya kompeten ya silakan tapi tidak dalam garis organisasi-organisasi apapun. Di Indonesia kan begitu banyak organisasi dan organisasi yang anggota itu tentu memiliki kemampuan yang baik,” Ujar Jusuf Kalla.

Dalam Madzhab Imam Syafi’i yang merupakan penganutnya mayoritas di Indonesia dari NU yaitu Syarat menjadi Khatib Jumat sebagai berikut :

  • Khatib harus laki-laki.
  • Khutbah harus diperdengarkan dan didengar oleh jamaah Jumat yang mengesahkan Jumat.
  • Khutbah dibaca di kawasan bangunan rumah penduduk desa.
  • Khatib harus suci dari dua hadats.
  • Khatib harus suci dari najis.
  • Khatib harus menutup aurat.

Maka dari 6 syarat tersebut terbebasnya Khatib dari belenggu harus dari Golongan kelompok tertentu, Berbeda dengan pernyataan Said Aqil Siradj sebagai Ketua PBNU.

Peran agama, harus kita pegang. Misalnya, Imam masjid, khatib-khatib, KUA-KUA, Kantor Urusan Agama, harus dari NU. Kalau dipegang selain NU, salah semua,” ucap Said Aqil Siradj di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (27/1).